Pilar 1 – Pendidikan

1. Beasiswa Sang Surya

Beasiswa bagi anak-anak muda harapan bangsa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi baik strata satu maupun diatasnya.

Beasiswa diberikan selama satu tahun penuh meliputi biaya perkuliahan atau buaya hidup selama menjalani masa perkuliahan. Penyaluran donasi akan melibatkan institusi sekolah sehingga meminimalisir penyalahgunaan dana bantuan Beasiswa Mentari.

Diharapkan dengan adanya beasiswa ini akan memantik asa pemuda-pemuda harapan bangsa untuk meraih pendidikan yang terbaik dan bisa didedikasikan untuk kemajuan bangsa.

Ayo dukung penuh harapan pemuda-pemuda Indonesia untuk menjadi sarjana harapan bangsa.


2. Beasiswa Mentari

Program Beasiswa Mentari Lazismu yang memberikan bantuan bagi siswa yang berasal dari keluarga dhuafa. Bentuk bantuan berupa biaya pendidikan bulanan yang disesuaikan dengan tingkat pendidikan siswa dan kebutuhan lainnya, seperti uang transport, uang buku, living cost, dan lain-lain.

Setiap tahun ribuan siswa sekolah dasar dari berbagai pelosok tanah air menerima bantuan Beasiswa Mentari Lazismu.

Dengan berdonasi untuk program Beasiswa Mentari Lazismu Anda sudah memutus mata rantai hilangnya kesempatan untuk bersekolah bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu.


3. Peduli Guru

Masih banyak pahlawan tanpa tanda jasa ini yang hidup dalamkondisi ekonomi yang pas-pasan. Mereka memperoleh gaji dari mengajar kurang dari cukup untuk kebutuhan keluarganya. Sehingga acap kali kita melihat banyak guru yang mengambil kerja sampingan, dari membuka les tambahan hingga driver ojek online.

 

 


4. Save Our School

Program SOS menggabungkan pembangunan sistem pengajaran, pembangunan sarana prasarana, peningkatan kualitas sumber daya guru dan pemberian beastudi bagi palajar dari keluarga kurang mampu. Dengan SOS jalannya tata kelola sekolah dapat menjadi lebih baik sehingga secara langsung akan meningkatkan mutu pendidikan dan output hasil pendidikan, yaitu siswa yang bermutu.

SOS Lazismu adalah solusi untuk sekolah yang masih tertinggal dan tidak banyak dilirik untuk dibantu oleh pemerintah.


5. Sekolah Cerdas

Bencana bukanlah hal yang asing di Indonesia sejak jaman dahulu kala.Indonesia kerap dilanda bencana baik bencana alam maupun bencana akibat ulah salah manusia terhadap lingkungan.

Hal inilah yang melatarbelakangi dibuatnya program Sekolah Cerdas, yaitu melatih masayarakat, terutama usia sekolah untuk cerdas menghadapi segala macam resiko bencana dan kekerasan sosial dan bagaimana konsep penyelamatan diri dan orang lain ketika terjadi bencana dan kekerasan.

Dengan melakukan roadshow ke sekolah-sekolah akan terbentuk kader cerdas yang dapat menularkan penetahunnya kepada orang lain, sehingga masyarakat lebih siap siaga dalam menghadapi bencana. Dan hasil akhirnya adalah meminimalisir jumlah korban akibat bencana dan kekerasan.


6. Muhammadiyah Scholarship Preparation Program (MSPP)

MSPP (Muhammadiyah Scholarship Preparation Program) adalah program persiapan bagi generasi-generasi muda yang akan meraih ilmu di luar negeri. Diharapkan dengan MSPP generasi muda Indonesia yang belajar di luar negeri mampu menjaga identitasnya dan lebih jauh menjadi duta bangsa yang berkarakter dan memiliki tingkat partisipasi aktif.

Tidak lupa MSPP akan membekali dasar tauhid dan ilmu keislaman sehingga bisa ikut mendakwahkan Islam yang mencerahkan dan berkemajuan di dunia.

Ayo dukung generasi muda kita untuk meraih asa tertinggi mereka.


7. Filantropi Cilik

Gerakan filantropi atau berbagi harus ditanamkan sejak kecil. Agar rasa empati dan simpati terbentuk menjadi karakter yang melekat hingga dewasa.

Lazismu melalui Program Filantropi Cilik mengajak Anda semua untuk mengajak anak-anak Anda untuk berbagi kepada teman sebaya mereka. Donasi Filantropi Cilik akan diwujudkan dalam bentuk bantuan tas dan alat tulis sekolah untuk siswa-siswi kurang mampu di berbagai pelosok tanah air.

Dengan tas dan isinya diharapkan semangat mereka menuntut ilmu semakin kuat dan mereka pun tahu bahwa banyak teman-teman sebaya mereka yang peduli.