Pilar 5 – Sosial Kemanusiaan

1. Indonesia Siaga

Program respons tanggap darurat dan pasca bencana mulai dari aktivitas Search and Rescue (SAR), Rekonstruksi dan Rehabilitasi.

Melalui pendirian posko bantuan, posko pengungsian, dapur umum, layanan kesehatan, tempat ibadah, pendistribusian bantuan (Sembako, Family kit, hygene kit, school kit) sampai dengan aktivitas recovery pasca bencana seperti psikososial dan program pemulihan ekonomi masyarakat penyintas bencana.

 

 


2. Sanitasi Untuk Masyarakat

Program Nasional yang dilandasi dengan pendekatan pemberdayaan secara terpadu untuk meningkatkan kapasitas sumber daya masyarakat dan kelembagaan yang berperan dalam menangani masalah pengelolaan sanitasi.

 

 


3. Pemberdayaan Difabel

Gerakan pemberdayaan penyandang disabilitas untuk mengupayakan pencapaian kesejahteraan sosial dengan menggali dan memperdalam kemampuan yang dimiliki serta mematangkan keterampilan.

 

 

 


4. Muhammadiyah Aid

Program inisiatif Muhammadiyah untuk membantu masalah-masalah kemanusiaan di level internasional seperti bencana alam, kelaparan, konflik sosial dan peperangan.

 

 

 

 


5. Qurban untuk Kemanusiaan

Memfasilitasi umat Islam dalam menunaikan ibadah qurban, dengan prinsip kebersamaan yang pelaksanaannya dilaksanakan secara kolaboratif dalam pengelolaan hewan qurban. Melalui kegiatan memfasilitasi pengelolaan hewan Qurban (penghimpunan, pemotongan, pengalengan atau pengemasan dan pendistribusian).

 

 


6. Jum’at Berkah

Hari Jum’at merupakan hari yang penuh keberkahan. Maka Lazismu berinisiasi untuk memberikan kebahagian di hari yang berkah dengan membagikan paket makan siang gratis kepada jama’ah shalat jum’at dan masyarakat sekitar.