Program Qurban 1442 H

  1. Program Lokal (Nasional)

Adapun bentuk programnya adalah sebagai berikut :

a. Program Kemasan

Program Kemasan adalah kegiatan penyembelihan sapi qurban baik perorangan maupun jama’ah (1/7) yang dilakukan oleh Lazismu di Rumah Penyembelihan Hewan (RPH) pada hari raya iedul adha dan hari-hari tasyrik, yang mana karkas ataupun dagingnya akan dikemas menjadi kemasan rendang dalam kaleng dengan netto 200 grm per kaleng di vendor yang telah disepakati. Hasil dari produksi program ini untuk cadangan pangan selama satu tahun bagi masyarakat yang terdampak bencana di seluruh wilayah Indonesia.

b. Program Fresh Meet

Program Fresh Meet adalah penyembelihan kambing/domba atau sapi qurban baik perorangan maupun jama’ah (1/7) yang dilakukan oleh Lazismu di tempat masing-masing pada hari raya Idul Adhaa dan hari-hari tasyrik, yang mana karkas ataupun dagingnya akan dibagikan dalam bentuk fresh meet (daging segar) kepada masyarakat sekitar.

c. Program Siap Saji (Pilot Project)

Program siap saji adalah penyembelihan kambing/domba atau sapi qurban baik perorangan maupun jama’ah (1/7) yang dilakukan oleh Lazismu pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyrik, yang mana karkas maupun dagingnya akan disimpan di coller storage agar tahan lama untuk dimasak menjadi makanan siap saji secara bertahap setiap jum’at sepanjang tahun. Adapun sasaran distribusi program ini adalah anak yatim dan dhuafa’ yang tinggal dipanti asuhan baik milik Muhammadiyah maupun umum.

d. Program Sedekah Daging

Program sedekah daging adalah support program Qurbanmu Kuatkan Ketahanan Pangan yang diinisiasi untuk meramaikan syiar qurban 1442 H. Program ini juga untuk memfasilitasi semangat masyarakat dalam membantu sesama namun belum mampu berqurban seekor domba maupun kambing saat ini maka sedekah daging ini akan menjadi pilihan menarik bagi masyarakat. Besaran sedekah disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang.

  1. Program Internasional

Program Qurban Internasional adalah kegiatan penyembelihan domba atau sapi qurban baik perorangan maupun jama’ah (1/7) yang dilakukan oleh mitra Lazismu di luar negeri pada hari raya iedul adha dan hari-hari tasyrik sesuai kalender dan keputusan ulama’ setempat, yang mana karkas maupun dagingnya akan dibagikan dalam bentuk fresh meet (daging segar) kepada masyarakat sekitar.

a. Titik Distribusi Hewan Qurban

Adapun program Internasional ini akan dilaksanakan di tiga negara:

1) Palestina (Gaza dan Tepi Barat),

2) Myanmar (Rohingya),

3) Yaman.

b. Jenis Hewan Qurban

1) Palestina (Gaza dan Tepi Barat) berupa Domba,

2) Myanmar (Rohingya) berupa Sapi,

3) Yaman berupa Domba.